Desa Giri Mukti Peringati Seren Taun

KORANBANTEN.COM–Warga masyarakat Desa Giri Mukti, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten mengadakan upacara adat Seren Tahun yang dilaksanakan di Imah Gede (Rumah Besar-Red), yang merupakan rumah adat milik Abah Olot Juan, kasepuhan Kapung Cipinang Desa Giri Mukti Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu (26/7).

Acara dihadiri unsur Forkopimcam Cilograng yang terdiri dari Camat Cilograng Khaerudin, Kapolsek Cilograng Iptu Asep D, anggota Posmil Cilograng Asril , UPT/Korwil Pendidikan Kecamatan Cilograng Maman, Kepala Desa Giri Mukti, Ucok beserta jajaran Prades, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat.

Read More

Kegiatan seren tahun ini, merupakan ritual tahunan masyarakat kampung Cipinang berupa kegiatan penyimpanan padi ke dalam leuit (lumbung-red), dan sebagai perwujudan rasa syukur warga kepada Allah SWT atas kemakmuran dan rizqi yang di berikan.

Rangkaian kegiatan Seren Taun di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ust.Yusuf, di lanjutkan sambutan dari kasepuhan Abah Olot Juan.

Menurut Abah Olot Juan, acara seren taun ini rutin dilakukan setiap nepang taun (pergantian tahun-red) sebagai puji syukur atas karunia Allah SWT. Adanya acara seren taun ini sendiri sejak abad ke-13, dan Abah Olot Juan sebagai generasi ke 6, terangnya.

“Kita harus menjaga warisan adat dan budaya leluhur Banten Kidul ini, yang berada di Kampung Cipinang. Ini sebagai bentuk rasa syukur Kepada yang Maha Kuasa,” kata Abah Olot Juan.

Masih di tempat yang sama Kepala Desa Giri Mukti Ucok mengatakan, kegiatan seren tahun ini sesuatu yang sangat di nanti-nantikan oleh warga masyarakat Desa Giri Mukti, yang mana seren tahun ini sebagai bentuk Rasa syukur warga masyarakat atas apa yang di anugrahkan Allah SWT, dan disisi lain untuk melestarikan dan menjaga warisan adat budaya leluhur yang sudah berumur ratusan tahun.

“Walaupun kita sudah mengenal zaman modern, tetapi masyarakat agar tidak lupa dan tetap memegang teguh warisan budaya leluhurnya, untuk memperkuat tali silaturahmi anak putu (anak cucu-red), dan insyallah seren tahun kedepanya bisa menjadikan aset wisata,” ujar Ucok.

Pada acara seren tahun ini, Iptu. Asep D, selaku Kapolsek Cilograng yang baru, dalam sambutannya bersilahturahmi dan memperkenalkan diri kepada warga masyarakat di wilayah hukum Kepolisian Sektor Cilograng sebagai Kapolsek Cilograng yang baru. Dan dalam sambutannya juga berpesan agar masyarakat melaksakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

” Sebagai gugus tugas covid 19, saya menghimbau agar masyarakt selalu menjaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan, diantaranya jaga jarak, selalu menggunakan Masker, rajin cuci tangan agar kita tidak terhindar dari apa yang menjadi wabah penyakit, baik tertular atau menularkan,” katanya.(Sep)

Related posts