Ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Desk Evaluasi Secara Virtual, Rutan Serang Siap WBK

KORANBANTEN.COM- Setelah melewati berbagai tahapan penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), akhirnya Rutan Kelas IIB Serang kembali berhasil memasuki tahapan selanjutnya bersama 466 satker lain di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Adapun jenis tahapan yang akan dilaksanakan pada pekan depan yaitu desk evaluasi dari Tim Penilai Internal (TPN) dengan metode daring menggunakan aplikasi Zoom. Maka dari itu, seluruh Tim Pembangunan ZI Rutan Kelas IIB Serang mengikuti rapat koordinasi persiapan desk evaluasi pembangunan Zona Intgeritas yang dilaksanakan di Ruang Sekretariat Pokja Rutan Kelas IIB Serang Selasa (20/10).

Read More

Kegiatan yang diikuti secara virtual oleh 496 satker di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI tersebut dilaksanakan secara terpusat di Ruang Rapat Soepomo Lantai 7 Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham.

Turut hadir sebagai narasumber yaitu Staf Ahli Bidang Politik dan Keamanan, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Staf Ahli Bidang Sosial, Perwakilan dari Tim TPI selaku pendamping dan Kepala Biro Perencanaan selaku moderator rapat.

Staf Ahli Bidang Sosial, Min Usihen menegaskan bahwa tujuan dari tahapan desk evaluasi ialah untuk melihat sejauh mana dan apa saja upaya yang telah dilakukan dalam membangun zona integritas di satker tersebut. Tak ketinggalan, komitmen dan semangat dari seluruh jajaran dalam membangun ZI juga menjadi salah satu point penilaian TPN.

Y.Ambeg Paramarta selaku Staf Ahli Bidang Politik dan Kemanan juga berpesan kepada setiap satker untuk melakukan simulasi terlebih dahulu sebelum menghadapi desk evaluasi.

“Melakukan simulasi dengan latihan pemaparan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Tolong persiapkan sedemikian rupa sehingga kita bisa meyakinkan TPN atas seluruh upaya yang telah kita lakukan dalam membangun ZI,” ungkapnya.

Kemudian, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Razilu, menyampaikan point-point yang harus disampaikan pada saat desk evaluasi ZI.

“Setiap satker harus dapat memberikan informasi mengenai hasil dan capaian kerja pada area manajemen perubahan hingga peningkatan kualitas pelayanan publik” Ucap Razilu. Ia menambahkan, salah satu kunci keberhasilan dari pembangunan ZI yaitu membangun pegawai yang berkarakter melayani dengan orientasi kinerja tinggi,” ujarnya.

Segala upaya telah dilakukan oleh Rutan Kelas IIB Serang dari mulai pembangunan pola pikir dan budaya kerja pegawai hingga pembenahan sarpras demi meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat, pengunjung, maupun stakeholder. Seluruh jajaran Rutan Kelas IIB Serang pada tahun 2020 siap meraih predikat WBK/WBBM.(Dede)

Related posts