Kadinkes Pandeglang : Labkesda Dapat Akreditasi Penuh

Koranbanten.com – Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Pandeglang mendapatkan kesempatan mengikuti akreditasi. Dari hasil penilaian tim surveyor, berharap Labkesda mendapat akreditasi penuh, “kata Kadinkes Raden Dewi Setiani usai pembukaan acara akreditasi, Kamis (28/11) di aula Labkesda.

Dalam bentuk penilaian ada tiga kriteria bagi Labkesda dari tim surveyor yaitu tidak lulus, lulus bersyarat, dan lulus penuh.

Read More

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani mengatakan, dirinya optimis Labkesda Pandeglang bisa mendapatkan akreditasi penuh, hal ini dilihat dari beberapa faktor yang telah dipersiapkan.

“Kami sudah mempersiapan mengenai sarana, dokumen, dan semangat tim dalam meningkatkan kualitas pelayanan, semoga bisa didukung dan dibuktikan oleh dokumen yang ada,”terangnya.

Ia menyadarai saat ini Labkesda masih keterbatasan dari sisi Sumberdaya Manusia (SDM) atau tenaga medis seperti analis Laboratorium. ” Makadari itu kami sudah mengajukan kepada pihak kepeggawaian agar jika ada formasi bisa ditambahkan untuk analis laboratorium,” pungkasnya.

Sekda Pandeglang Pery Hasanudin menambahkan, proses akreditasi ini merupakan tahapan yang sangat penting untuk dilaksanakan. “Dengan adanya akreditasi ini Laboratorium akan memiliki legalitas yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan,” kata Sekda.

Pery berpesan kepada jajaran pengelola Labkesda agar terus meningkatkan kualitas pelayanan untuk peningkatan drajat kesehatan masyarakat. “Karena kesehatan merupakan pelayanan dasar yang harus terpenuhi. Saya harap, Labkesda ini dapat melaksanakan fungsi sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Menurut Pery, tujuan dari akreditasi tidak hanya sebagai bentuk pembuktian bahwa Labkesda ini memiliki legalitas semata. Namun, lebih dari itu, harus ada peningkatan mutu pelayanan bagi kesehatan masyarakat.” Hasil evaluasi dari tim surveyor nanti dapat dijadikan rujukan untuk perbaikan pelayanan,” tutupnya. (Asp)

Related posts