Kadis Perindagkop Kabupaten Serang, Pengurus Koperasi Harus Menguasai Teknologi Informasi

KORANBANTEN.COM – Sebanyak 60 (enam puluh) pengurus dan pengelola koperasi diberikan pelatihan akutansi berbasis komputerisasi. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi pengelola koperasi di Kabupaten Serang.

Untuk mewujudkan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan memberikan pelatihan akutansi koperasi berbasis komputerisasi bagi pengurus dan pengelola koperasi Kabupaten Serang selama 3 (tiga) hari di Hotel Nuansa Bali, Anyer Serang.

Read More

Acara pelatihan untuk dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang, H. Abdul Wahid, SH, M.Si. setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan materi dari narasumber asal LAPENKOPWIL Banten terkait dengan Pengantar Akuntasi. Sedangkan materi selanjutnya disampaikan pada hari kedua dan ketiga yaitu masalah Dasar Akutansi KSP/USP, Praktik Akuntansi, praktik komputerisasi akuntansi KSP/USP, dan lainnya. Selain narasumber dari LAPENKOPWIL Provinsi Banten dan pejabat di lingkungan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang, H. Abdul Wahid, SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan salah satu tugas pemerintah dalam pemberdayaan dan pengembangan koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat adalah dengan mewujudkan koperasi yang sehat, kuat, tangguh dan mandiri yang dikelola secara professional dengan mengedepankan prinsip-prinsip keterbukaan, transparansi dan akuntabel yang dapat diakui, diterima dan dipercaya masyarakat. Salah indikator keberhasilan nya adalah melalui penyusunan laporan keuangan yang baik dan benar sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku, yaitu sistem akuntasi keuangan.

“Melalui kegiatan pelatihan akuntansi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan bagi pengelola dan pengurus koperasi, dan mempraktikkannya di lingkungan kerja masing-masing. Kami berharap dengan pengurus yang baik akan berdampaknya pada koperasi yang sehat, kuat dan tangguh. Sehingga dapat menjadi gerakan ekonomi yang memiliki daya saing di Kabupaten Serang,” tambahnya.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Koperasi, Dra. Pipih Rosphianthie, M.Si mengatakan target Pelatihan akuntasi koperasi berbasis komputerisasi bagi pengurus/pengelola koperasi dikhususkan bagi mereka yang baru dan belum berpengalaman dalam menyusun laporan keuangan maupun mengadakan rapat anggota tahunan (RAT). “Pelatihan ini dalam rangka mendorong teralisasinya salah satu Indikator KInerja Utama Dinas Koperindag. Laporan keuangan yang baik salah satu syarat koperasi dikatakan sehat dan juga aktif,” katanya. (Sumber : http://perindagkop.serangkab.go.id )

Related posts