Mengenal Berbagai Macam Tiara Bangsawan Inggris

KORANBANTEN.COM – Aktris Amerika Meghan Markle akan menikah dengan Pangeran Harry tanggal 19 Mei 2018 mendatang.

Banyak orang berspekulasi bahwa kekasih Pangeran Harry ini akan memakai tiara seperti Sarah Ferguson ketika menikah dengan Pangeran Andrew di tahun 80an.

Read More

The Duchess of York tersebut pertama kali memakai tiara York Diamond di hari pernikahannya dan kemudian, memakainya pada berbagai momen.

Mahkota berbahan platinum yang dihiasi oleh banyak permata dan berlian collet ini dibeli Sang Ratu dari Garrad. Dilansir dari laman Express, Kate Middleton memakai tiara Cartier Halo saat menikah dengan Pangeran William di tahun 2011 lalu.

Benda itu juga dikenal sebagai tiara milik Ratu Elizabeth, yang diperolehnya pada tahun 1944 di hari ulang tahunnya yang ke 18.

Tiara yang sama pernah dipakai oleh Putri Margaret dan Putri Anne.

Sang Ratu juga mengenakan tiara Fringe milik Ratu Mary di hari pernikahannya pada tahun 1947, ketika ia menikah dengan Pangeran Phillip.

Tiara permata itu didasarkan pada desain tradisonal Rusia dan terbukti sangat populer. Maka tak heran jika banyak koleksi tiara kerajaan yang menerapkan desain serupa.

Ratu Mary memberikan tiara itu kepada Ratu Elizabeth, yang telah memakainya berkali-kali selama pemerintahan Raja George VI. Putri Diana juga dikenal memakai tiara yang disebut tiara Spenser pada tahun 1981 ketika menikah dengan Pangeran Charles.

Sejarah tiara keluarga ini dapat ditelusuri kembali sejak satu abad lalu melalui aristrokrat Spenser.

Tiara bangsawan ini seringkali dipakai saat perjamuan negara dan acara formal yang diadakan oleh keluarga kerajaan.

Ketika Camilla Parker menikah dengan Pangeran Charles, ia juga mendapat tiga tiara yang dipinjamkan dari Ratu Elizabeth.

Tiara Greville didesain pada tahun 1921. Nyonya Greville kemudian memberikan salah satu tiaranya pada ibu suri ketika wafat pada tahun 1942.

Lalu, tiara Lovers Knot adalah pilihan yang sangat populer yang dikenakan baru-baru ini oleh Kate Middleton di Istana Buckingham.

Tiara tersebut juga favorit Putri Diana dan juga pernah dipakai oleh Ratu Elizabeth II dan Ratu Mary. Belum diketahui pasti dari mana desain tiara Lovers Knot ini berasal.

Tiara populer lainnya meliputi tiara Lotus, tiara Grand Duchess Vladimir, dan Girls of Great Britain, serta tiara Irlandia. (Tinik)

 

 

Sumber: Kompas.com

 

Related posts