Mudik Lebaran 2018, BPJS Kesehatan Buka Layanan 24 Jam

Koranbanten.com – Selama musim libur lebaran 2018, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan layanan nonstop 24 jam bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Bahkan, terhitung sejak tanggal 11-14 dan 18-20 Juni pukul 08.00 – 12.00 lebaran atau tanggal 7 sampai dengan 23 Juni, peserta JKN-KIS dapat merasakan program “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan”.

Read More

Demikian diungkapkan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Kota Tangerang, Elva Netti, Senin (4/6/2018).

Menurutnya bagi peserta JKN-KIS yang membutuhkan layanan kesehatan, dapat memperolehnya dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Pada prinsip portabilitas pada program JKN-KIS saat mudik lebaran, peserta ketika berada di luar Kota, dan tidak terdaftar di FKTP, faskes tidak di perbolehkan menarik biaya tambahan,” tambah Elva lagi.

Untuk itu, Ia mengingatkan agar sebelum berangkat mudik peserta JKN-KIS supaya memeriksa terlebih dahulu masa berlakunya kartu atau memastikan telah membayar iuran, agar status kepesertaannya dalam kondisi aktif.

“Iurannya jangan sampai nunggak, namun jika itu terjadi peserta tetap akan dilayani, tapi tunggakannya harus dibayar juga,” terangnya.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Dalam aplikasi tersebut juga menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur lebaran 2018, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care yang beroperasi 24 jam, termasuk hari minggu dan hari libur, untuk memperoleh berbagai informasi, melakukan pengaduan, termasuk konsultasi kesehatan.

Elva menambahkan, pada hari ini senin 4 Juni 2018 BPJS se Indonesia serentak diadakan Jumpa Pers dan juga membuka Posko Mudik bertemakan” Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan” di 8 (delapan) titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

Yang digelar pada 9 -14 Juni 2018 tersebut menyediakan pelayanan kesehatan. obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga pemberian informasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.

Untuk di Kota Tangerang sendiri, lanjut Elva Netti, terdapat 14 Posko pelayanan kesehatan, khusus untuk 2 posko, masing-masing di Bandara dan Pelabuhan.

Hadir dalam acara ini Kepala.Dinkes Kota Tangerang dr Lisa. Kepala.Dinkes Tangerang Selatan yang diwakili oleh drg.Una R .serta Direktur.RS. An-nisa dr.Edyansyah.

Dalam keterangannya,dr Edyansyah mengatakan pada akhirnya posko pelayanan Puskesmas atau Klinik bermuara ke RS ,untul itu pihaknya selalu siaga dalam hari libur Idhul Fitri ini dengan mengerahkan tenaga medis yang handal di Rumah Sakit Annisa.

“Apalagi kami merasa punya beban sebagai Rumah Sakit terbaik se Kota Tangerang dalam menangani pasien BPJS” Ujar Edyansyah. (Ton/Zer)

Related posts