Selamat Datang Tamu Allah

KORANBANTEN.COM – Inilah sebetulnya unjuk kekuatan dan pamer kesiapan melayani tamu Allah pada musim haji 1440 ini. Puluhan stand dalam gedung kokoh nan teguh di pinggiran Kota Mekah ini berdiri , ditata rapi, dikawal nona-nona Arab Saudi yang menyembunyikan kecantikannya di balik niqab, juga pemuda-pemuda Arab Saudi yang memperlihatkan ketampanannya.
Semua yang ada dalam stand, dari alat-alat kesehatan, informasi manasik haji dan umrah, payung cantik penyangga terik matahari langit Kota Mekah, sampai senjata laras panjang dan borgol, juga segelas kopi di sudut gedung, semua menyuarakan hal yang sama : Khaadimul Haramayn telah amat sangat siap melayani tamu Allah. Spanduk besar terpasang di muka pintu tempat pameran. Tertulis ucapan simpatik, `Selamat Datang Tamu Allah´.
Kerajaan Saudi Arabia wajib membangun pesan dan kesan kesiapan itu di hadapan jutaan manusia dari berbagai belahan bumi yang ingin bersimpuh di hadapan Kakbah. Pengunjung pameran diberi banyak cendera mata yang ditawarkan penjaga stand dengan sangat ramah.
Majalah Al-Hajj wa `l-`Umrata terbit secara khusus dengan tata letak dan tata warna yang berbeda dari biasanya. Dalam halaman `Taqriir´, majalah edisi 894 Zul Hijjah 1440 H ini antara lain melaporkan jamaah haji terbanyak dari 10 negara.
Di urutan pertama, pastilah Indonesia dengan jumlah calon haji sebanyak 221.000 orang, menyusul Pakistan (179.210 orang), India (170.000 orang), Bangladesh (127.198 orang). Mesir (108.000 orang), Iran (86.500,orang), Nigeria (79.000 orang), Turki (79.000 orang), Al-Jazair (36.000 orang), dan terakhir Maroko (31.000 orang). Jumlah semua itu belum termasuk jamaah umrah yang juga berbondong-bondong ke Mekah.
Haji dan umrah jadi bagian penting, dengan peminatnya yang terus bertambah. Di Indonesia, negara harus lebih dirasakan kehadirannya oleh umat Islam berkaitan dengan haji dan umrah khususnya. Maka, Pak Jokowi, hadirkanlah Kementerian Haji dan Umrah di negeri ini nanti, dengan meminta ikhlas beramal dari Kementerian Agama yang selama ini mengurus haji dan umrah. (Dean Al-Gamereau)

Related posts