Transformasi Digital Perlu Dukungan Pemerintah

KORANBANTEN.COM – Di era kemajuan teknologi yang amat pesat seperti saat ini, digitalisasi sudah masuk ke dalam tatanan hidup manusia. Saat ini tidak ada pekerjaan atau aktivitas yang tidak bersentuhan dengan peralatan berbasis digital, mulai dari kehidupan rumah tangga, perkantoran, pemerintahan hingga dunia pariwisata.

Praktisi yang sudah berkecimpung selama lebih dari 10 tahun di dunia pariwisata, Yos Andri, menyebut keadaan pariwisata sedang bagus dan tren traveling pun berubah.

Read More

“Kita tidak bisa menghindari itu semua, yang sekarang sudah menjadi tren, yang paling fenomenal ya itu perubahan yang sangat amat cepat, OTA membuat orang bisa pesan tiket pesawat, hotel dengan sangat mudah,” ujar Yos, General Manager Hotel Horison Grand Serpong.

Karena pesatnya perkembangan teknologi tersebut telah memberikan kontribusi bagi perkembangan pariwisata termasuk di dalamnya perhotelan.

“Hotel kami sendiri Hotel Horison Grand Serpong yang berkonsep mice 40% dari government, 30% dari corporate dan OTA 30%, jadi menurut saya OTA sangat bermanfaat bagi perkembangan kami,” ujarnya.

Transfomasi digital perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat untuk memastikan perubahan yang sesuai arah yang baik dan benar. Dukungan dari pemerintah secara menyeluruh khususnya dari aspek regulasi akan membantu para pelaku usaha serta pemerintah daerah dalam melakukan transformasi digital yang nyaman dan terpadu dalam penyampaian pesan dan informasi yang sama.

“Seandainya elemen dari pengusaha pariwisata dan stakeholder duduk sama-sama sehingga bisa integrate, asal ada keseriusan dari pemerintah untuk regulasi tadi dan komit saya yakin pariwisata kita bisa maju karena potensinya luar biasa besar,” harapnya.(Tinik)

Related posts