Untuk Kedua Kalinya Pandeglang Kembali Raih Predikat BB

KORANBANTEN.COM – Kabupaten Pandeglang kembali meraih penghargaan untuk yang kedua kalinya dalam penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019 dengan predikat BB.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Tjahjo Kumolo kepada Bupati Pandeglang Irna Narulita, di Radisson Golf & Convention Center Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/2/).

Read More

Berdasarkan keterangan tertulis dari Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang, penyerahan hasil evaluasi SAKIP kali ini dengan predikat seperti tahun sebelumnya mendapatkan predikat BB, namun tahun ini dari perolehan skor mendapat peningkatan yang signifikan dari 70,15 pada tahun 2018 menjadi 71,80, dari lima indikator atau komponen penilaian lainnya yaitu perencanaan kerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja.

Dengan menghasilkan skor predikat BB tersebut menunjukkan tingkat efektifitas dan efesiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerja, kualitas pembangunan, budaya kerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada pemerintah kabupaten Pandeglang dengan menunjukkan hasil yang sangat baik.

Men PAN-RB Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengatakan bahwa evaluasi ini dilaksanakan untuk menilai tingkat akuntabilutas atau pertanggung jawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi kepada hasil ( result oriented government) serta memberikan saran atau perbaikan yang dapat diperlukan masing masing daerah,”ujarnya
Usai menerima penghargaan, Bupati Pandeglang Irna Narulita mewakili pemerintah dan masyarakat Pandeglang menghaturkan ucapan terimakasih kepada kementerian PAN-RB dan evaluator yang telah memberikan penilaian obyektif atas capaian ini.

” Saya ucapkan terima kasih kepada kementerian PAN-RB dalam penilaian ini, mudah-mudahan kedepan akan lebih baik lagi,”ungkap Irna

Irna mengakui bahwa belum terlalu puas dengan hasil ini dan menargetkan tahun 2020 pemkab pandeglang dapat meraih predikat AA. Untuk instrument menuju ke arah predikat A kata Irna sudah disiapkan seperti penggunaan SIMRAL dan Indikator kinerja individu (IKI) melalui aplikasi e-kinerja yang akan segera diterapkan.

” Saya ucapkan apresiasi atas kinerja dari tim penyusun lapiran sakip yang terus memperbaiki kinerjanya,”kata Irna. (Asp)

Related posts