Akibat Peretasan, Harga Jual Yahoo! Menurun Drastis

Kesepakatan antara Yahoo! dengan Verizon tampaknya mengalami perubahan. Sebagai dampak dari bobolnya ratusan juta akun Yahoo!, Verizon meminta penurunan harga akuisisi.

Dari kesepakatan awal yang senilai USD4,8 miliar (Rp63,8 triliun), kini menjadi hanya USD250 juta (Rp3,3 triliun). Informasi turunnya nilai kesepakatan antara Yahoo! dan Verizon diungkapkan oleh seseorang yang dekat dengan proses akuisisi.

“Tampaknya mereka akan memiliki memotong harga pembelian, namun itu tak telalu dramatis,” ungkap Brett Harriss, seorang analis di Gabelli and Co. Ia pun menambahkan bahwa masih ada kemungkinan lain mengenai penjualan tersebut.

Kabar permintaan diskon oleh Verizon sebenarnya bukan yang pertama kalinya. Pada Oktober 2016, Verizon juga dilaporkan meminta pemotongan harga akuisisi Yahoo! dari USD4,8 miliar yang telah disepakatinya di awal negosiasi.

Langkah Verizon tentunya bukan tanpa alasan. Sejak diumumkan akan diakuisi oleh perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat tersebut, Yahoo! beberapa kali dilaporkan mengalami peretasan akun yang mencapai ratusan juta. Hal itulah yang membuat Verizon sempat dikabarkan berpikir ulang untuk membeli Yahoo!. @BADRUDIN