Lakukan Ini Agar Ide Startup Anda Diterima Investor

KORANBANTEN.com – Membangun sebuah perusahaan rintisan teknologi atau startup bukanlah perkara yang mudah. Tak hanya ide dan sumber daya manusia, sumber dana menjadi aspek penting dalam pengembangan startup.

Startup dan pendanaan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Biasanya, seorang pendiri startup harus mempresentasikan idenya ke para pemodal. Tahapan presentasi atau pitching sangatlah penting, karena di sinilah para pemodal akan memberikan kepastian mengenai investasi.

Seperti diungkapkan oleh Andres Surya selaku VP Portfolio & Investment Kejora, seorang founder startup harus memiliki tiga kriteria penting. Ketiga syarat itu harus dipenuhi, sebelum sebuah startup dapat menerima kucuran dana.

Dalam kriteria pertama, ia menjelaskan bahwa seorang founder harus memiliki karakter yang ulet, namun tetap penuh kehati-hatian. ” Artinya harus seimbang antara kedua sifat tersebut. Kami juga perhatikan background mereka,” jelasnya di Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Poin kedua adalah potensi pasar dari startup ini. Sebuah startup harus memiliki bisnis dengan Market yang jelas, artinya ada potensi keuntungan yang cukup jelas. ” Agak sulit kalo Market baru, kalau ada kompetisi malah lebih baik,” lanjutnya.

Terakhir, sebuah startup harus bisa menjelaskan model bisnis mereka dengan jelas. Pasalnya, model bisnis yang salah akan membawa sebuah startup menuju kegagalan. “E-commerce sudah padat, namun seputaran sektor tersebut masih potensial,” tutupnya. @DF