Pesta Olahraga Rekreasi Dunia Diramaikan Budaya Indonesia

KORANBANTEN.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla resmi membuka Perhelatan Olahraga Rekreasi Dunia di Pantai Carnaval ABC, Taman Impian Jaya Ancol.

Sejak sore, cuaca di kawasan Ancol, Jakarta Utara, memang tampak tidak bersahabat. Rintik hujan terus mengguyur tanpa henti, hingga acara utama berlangsung pada pukul 19.00 WIB.

Melihat hal tersebut, dalam kata sambutannya, Wapres Jusuf Kalla sempat menyisipkan beberapa patah kata penyemangat kepada pihak penyelenggara maupun delegasi dari berbagai mancanegara.

“Waktu saya kecil, salah satu permainan yang sangat menyenangkan adalah bermain bola saat hujan. Dan kebetulan, ada kepercayaan di Indonesia bahwa bulan yang berakhir ‘ber’ merupakan pertanda masuknya musim hujan. So, please enjoy rain and sport as i did,” tutur Wapres Jusuf Kalla, dalam opening ceremony TAFISA Games 2016 di Pantai Carnaval ABC Mall, Ancol, Sabtu (8/10/2016).

Pria kelahiran Watampone, Sulawesi Selatan itu juga, menyampaikan apresiasinya kepada pihak penyelenggara karena telah menggerakan kembali olahraga tradisional dan juga mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Indonesia.

“Dengan adanya event seperti ini, saya harap generasi muda akan kembali ke lapangan, ke alam, dan tidak terpaku dengan gadget mereka. Mari kita ciptakan generasi yang tidak terus menerus bungkuk. I think that’s the point of this event,” jelasnya.

Acara pembukaan ini turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Ketua Pelaksana Event Hayono Isman.

Selain itu, para tamu undangan juga dihibur dengan berbagai penampilan menarik seperti, Tari Sajojo, Pencak Silat, Poco-poco, dan berbagai tarian tradisional lainnya.

Perhelatan Olahraga Rekreasi Dunia tersebut sudah dimulai sejak 6 Oktober lalu dan akan berakhir pada 12 Oktober 2016. @DF