Trend Mini PC Geser Penggunaan Desktop PC

Kinerja Mini Personal Computer (PC) memang tak sekuat desktop PC, namun sejumlah pasar di bagian negara Eropa barat mendapatkan angka tertinggi.

Permintaan Mini PC di negara maju tersebut sebesar 26 persen pada kuartal pertama dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Popularitas Mini PC secara keseluruhan mengalahkan pasar desktop PC sebesar 10 persen, tetapi faktor bentuknya yang kecil menantang gravitasi dan sekarang menyumbang seperempat dari pangsa pasar.

“Mini PC telah menikmati peningkatan popularitas selama tahun lalu, karena mereka hemat ruang desain dan perbaikan kinerja mereka, dan banyak vendor PC telah meningkatkan fokus mereka pada segmen untuk meningkatkan permintan,” kata Marie Christine Pygott, analis senior Context seperti dikutip dari computerweekly, Kamis (20/4/2017).

The analyst house juga memetakan popularitas vendor yakni HP, Intel dan Lenovo memimpin pasar dengan pertumbuhan volume tahun ke tahun dari 47 persen, 8 persen, dan 78 persen masing-masing.

“Vendor tersebut tidak memiliki kehadiran yang kuat di pasar bisnis akan menghadapi masalah besar, dan mereka akan dipaksa untuk keluar dari pasar PC dalam lima tahun ke depan. Namun, akan ada khusus pemain niche dengan PC yang dibangun, seperti PC gaming dan laptop ruggedized. Akan tetapi, Apple menjadi pengecualian karena memiliki basis pelanggat tetap di vertikal tertentu,” kata Mikako Kitagawa, analis utama di Gartner. @OPIK