GBC Gelar Donor Darah di 50 Kota

Koranbanten.com – Palang Merah Indonesia (PMI) melalui Give Blood Community (GBC) menggelar donor darah special Ramadan, di 50 Kota se-Indonesia.

PMI selalu kekurangan stok darah sepanjang Ramadhan. sementara kebutuhan darah justru meningkat.

Read More

Yendra Budiana, Humas dan Jubir GBC mengatakan, sejak tahun 2016, pihaknya telah melaksanakan Gerakan Donor Darah Nasional (GDDN) secara rutin diseluruh Indonesia.

“Kita rutin tiga bulan sekali, suadah sebanyak delapan kali kita lakukan, dengan jumlah pendonor darah 15.671 orang dan menyumbangkan sebanyak 11.307 labu darah,” terang Yendra, Sabtu (26/5/2018).

Dia melanjutkan, dalam puncak acara donor darah special Ramadhan di 50 kota, dipusatkan di Kota Tangerang.

“Puncaknya di Kota Tangerang, GBC juga akan memperkenalkan sebuah aplikasi online untuk mendaptar menjadi pendonor, yang kita sebut GiveBlood,” jelasnya.

Lebih dalam ia mengatakan, aplikasi itu adalah sebuah terobosan untuk menjawab kebutuhan donor darah yang sifatnya emergency (darurat,red). Disuatu sisi dan sisi lain bisa memudahkan pendonor untuk mendonorkan darahnya sesuai waktu yang mereka miliki.

“Aplikasi ini sudah tersedia di Android Play Store, terbuka bagi siapa saja yang ingin mendonorkan daranya dan bagi yang membutuhkan darah, sehingga pendonor dan penerima bisa secara cepat berkomunikasi, via aplikasi dimana pun mereka berada,” ungkapnya.

Dia menambahkan, GBC adalah sebuah komunitas yang diinisiasi oleh Muslim Ahmadiah yang sudah puluhan tahun menjadikan donor darah, sebagai gaya hidup sesuai keyakinan yang dimilikinya merujuk pada kitab suci komunitas Muslim Ahmadiyah, yaitu Al-Quran (QS. Al-Baqarah : 148).

“Umat Islam dan umat manusia pada umumnya diperintahkan untuk berlomb-lomba berbuat kebajikan, yaitu melakukan perbuatan-perbuatan yang bermabfaat untuk kesejatraan manusia,” tandasnya. (Zher)

Related posts