Sekolah di Tangerang Selatan Sudah Meramu Sistem PPDB

KORANBANTEN.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan telah melakukan program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingakt sekolah dasar dan tak kurang sebanyak 23 ribu siswa lulusan SD di Tangerang Selatan (Tangsel) telah mengikuti program tersebut.

Kepala Dindikbud Tangsel Taryono pada saat memantau hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMPN 4 Tangsel, Pamulang, Senin (24/6/2019) mengatakan hari pertama PPDB 2019 berjalan sangat lancar dan sukses. Semua berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan. Kami sudah testimoni banyak orang dan semua merasa puas dengan PPDB ini.

Read More

“Kami sudah lebih siap, regulasi telah kami siapkan lebih baik yang mengakomodir kepentingan masyarakat. Sejak awal sudah kerjasama dengan Disdukcapil terkait NIK dan KK,” ungkapnya.

Infrastruktur PPDB ada aplikasi dan server Insya Allah Diskominfo telah mempersiapkan dengan baik. Mudah-mudahan sampai PPDB selesai bisa berjalan dengan baik.

“Hampir sama dengan tahun sebelumnya, tahun ini lulusan SD sekitar 23 ribu. Namun jumlah SMP negeri yang ada, hanya 22 sekolah. SMPN itupun tidak merata tersebar di tujuh kecamatan. Daya tampung sekolah kita hanya 7.000 yang tersebar di SMP Negeri yang kita punya,” paparnya.

Jumlah tersebut hanya sekitar 30% dari jumlah lulusan SD di kota Tangsel. Dengan kata lain, puluhan ribu lulusan SD itu harus bertarung demi memperebutkan jumlah kursi negeri yang terbatas.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel sudah meramu sistem PPDB melalui enam jalur. Presentasi terbesar sebanyak 45 persen adalah jalur prestasi dalam zonasi, 30 persen jalur zonasi, 10 persen anak tidak mampu, 5 persen dalam zona dan 10 persen diluar zonasi.

Taryono menegaskan, pihaknya sudah berusaha untuk membuat sistem yang membagi kesempatan bersekolah secara merata.

“Yang jelas semua anak mendapatkan kesempatan layanan pendidikan dan belajar yang baik,” pungkasnya. (Ade)

Related posts