Perhatikan 5 hal ini sebelum pilih bahan alami buat kecantikan!

timunBahan-bahan alami seperti kelapa, lemon, lidah buaya, dan mentimun memang dikenal mengandung banyak nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Karena itulah bahan-bahan ini sering digunakan untuk campuran masker, creambath essence, atau produk perawatan kecantikan lainnya.

Tetapi Anda juga harus berhati-hati. Sebab bahan-bahan alami yang diklaim ‘seratus persen aman’ ini juga bisa merusak kulit jika diolah dengan cara salah.

1. Kualitas bahan

zaitun1Pastikan dulu bahan yang akan Anda gunakan untuk masker wajah atau masker rambut. Entah itu buah atau sayur, pilih yang masih segar.

Untuk telur dan susu, Anda harus memastikan pula kebersihannya. Sebab kedua bahan makanan yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan ini juga sangat rawan terkontaminasi bakteri.

2. Risiko alergi
alergiSebelum menggunakan bahan-bahan yang berpotensi menimbulkan alergi seperti lidah buaya, nanas, atau telur, lakukan tes alergi terlebih dahulu. Oleskan sedikit pada kulit dan tunggu reaksinya.

Jika dalam beberapa menit Anda tidak mengalami gatal-gatal, ruam, atau perih, berarti bahan tersebut aman dipakai.

3. Proses pencucian

tomatSebelum bahan alami digunakan, cuci bersih terlebih dahulu. Proses ini penting untuk memastikan kebersihan bahan.

4. Alat yang digunakan
alatUntuk mengupas dan memotong bahan, pastikan Anda menggunakan pisau, alat pengupas, dan talenan yang bersih.

5. Penyimpanan

penyimpananKebersihan wadah penyimpan juga perlu diperhatikan. Lebih baik jika semua alat yang digunakan disterilkan terlebih dahulu.

Itulah lima hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan kecantikan.

sumber : kompas.com