Puncak Karier Rexy Mainaky/Ricky Subagja di Olimpiade Atlanta 1996

Semifinal Olimpiade Atlanta 1996, ganda putra Indonesia, Rexy Mainaky/Ricky Subagja melawan pasangan Malaysia, Soo Beng Kiang/Tan Kim Her. Mereka menang dengan relatif mudah melalui straight game, 15-3 dan 15-5.

Sebenarnya bisa terjadi All Indonesian Final pada sektor ganda putra tersebut. Namun, pasangan Indonesia lainnya, Antonius Ariantho/Denny Kantono takluk 10-15 dan 4-15 dari wakil Malaysia yang menjadi lawan Rexy/Ricky di final.

Pada partai final Rexy/Ricky berjumpa unggulan kedua asal Malaysia, Cheah Soon Kit/Yap Kim Hock. Mereka mampu mengatasi perlawanan Cheah/Yap melalui pertarungan sengit tiga set, 5-15, 15-13, dan 15-12.

Pencapaian Rexy/Ricky di Olimpiade Atlanta 1996, meneruskan tradisi medali emas pertama Indonesia di ajang multi-event empat tahunan itu. Raihan medali emas tersebut menjadi puncak karier Rexy/Ricky di pentas bulutangkis profesional dunia.

Sekadar informasi, pada saat itu format poin bulutangkis menggunakan sistem 15 angka yang dilakukan dalam dua sampai tiga set. Sistem lainnya yakni adanya pergantian bola setiap pemain bulu tangkis mati bola dari lawan. @OPIK