Mahasiswi Kedokteran UMJ Terpilih Jadi Delegasi NMSEP

KORANBANTEN.com – Mahasiswi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Alvionita Citra Mayrani (18) terpilih menjadi delegasi untuk mengikuti National Medical Student Exchange Programme (NMSEP) setelah melalui seleksi yang ketat.

NMSEP merupakan program pertukaran Mahasiswa Kedokteran Nasional yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa kedokteran se-Indonesia angkatan 2014, 2015 dan 2016, yang institusinya merupakan anggota dari ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia) untuk merasakan sistem pengajaran pada masa pre-klinik, organisasi, dan budaya setempat.

Tujuan ISMKI menyelenggarakan program NMSEP ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa kedokteran, menjalin silaturahmi dengan Fakultas Kedokteran universitas lain, serta saling bertukar informasi tentang kegiatan ataupun isu kesehatan, sistem pendidikan kedokteran, maupun keorganisasian.

Tahun ini merupakan tahun perdana dilaksanakannya NMSEP. Program NMSEP akan dilaksanakan selama empat hari yaitu tanggal 24-27 November 2016 di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur dan Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk dapat mengikuti program ini, mahasiswa harus mengikuti beberapa tahapan seleksi, termasuk tahap wawancara daring oleh IA ISMKI. Kuota yang diberikan sangat terbatas yakni 10 orang untuk masing-masing Universitas tujuan.

Dari 76 mahasiswa kedokteran seluruh Indonesia yang mendaftar, Alvionita merupakan satu dari 20 orang yang lolos seleksi. UMJ sendiri mendaftarkan empat calon delegasi. @DF